Merajut Asa Dari Sudut Desa

Persiapan Tim Dalam Bursa Inovasi Desa Kab. Banggai Kepulauan Tahun 2017

0 160

INFODESA.ID- SULAWESI TENGAH – Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah, Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna (TA.TTG) Rano Sanjaya Abdusamad, saat di temui di Gedung Bebengketan Kelurahan Salakan, Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Tempat pusat Kegiatan Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa sesuai Undangan Panitia yang sudah beredar kegiatan akan di laksanakan Senin, 11 Desember 2017, Pukul 08:00 sampai selesai.

Nano TA-TTG menyampaikan, persiapan Tim dalam mempersiapkan pelaksanaan Kegiatan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Banggai Kepulaun Tahun 2017 kurang lebih hanya seminggu kerja, Alhamdulillah malam ini seluruh persiapan sudah selesai dan tadi sudah melakukan Gladi untuk tugas masing-masing.

Lanjut ungkap Nano yang menerima tugas sebagai TA-TTG sejak November 2015 di Banggai Kepulaun ini, menyampaikan Teman Tenaga Ahli terlibat dalam pelaksanaan persiapan ini ada 5 Orang Tenaga Ahli. Dan untuk Tim Kegiatan Bursa Inovasi Desa, terdiri dari Dinas PMD, Dispora, Dinas Kesehatan dan Perindakop di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulaun Provinsi Sulawesi Tengah.

Sesuai maksud dan tujuan Kegiatan Bursa Inovasi Desa tiap desa di undang 3 peserta, Kapala Desa, BPD dan LPMD jadi perkiraan peserta akan hadir 600 orang, dari 141 Desa, 12 Kecamatan yang ada di Banggai Kepulaun. Lanjut, melihat persiapan ada dalam ruangan dan tenda diluar Gesung. Teknis pelaksanaan setelah Registrasi sebelum peserta masuk ke Gedung Utama, akan langsung diarahkan ke Papan Dokumen Pembelajaran, yang disiapkan di luar gedung. Dimana Dokumen Pembelajaran terpajang terdiri dari 3 Bidang, yaitu Bidang Sumber Daya Manusia, (SDM) Bidang Infrastruktur dan Bidang Kewirausahaan. Yang di pisahkan dalam 2 Ruang Bursa,
Bursan A -31 Jenis Usaha Sumber Daya Manusia (SDM), Bursa B – 18 Jenis Usaha Kewirausahawan. Total Pembelajaran Bursa Inovasi Desa yang direkomendasikan Kementrian Desa, PDTT ada 50 Paket Kegiatan, 1 Paket yang kami tidak tawarkan adalah masalah Perkebunan Sawit. Karena Daerah Bangkep belum punya perkebunan Sawit, Setelah peserta melihat berbagai inovasi yang ada dan mempelajari mana yang bisa di abdosi, tim telah siapkan 2 Kartu, KARTU KOMITMEN dan KARTU IDE INOVASI, yang harus Peserta isi dengan berbagai PERTANYAAN, Demikian Keterangannya kepada infodesa.id (10/12-2017, Ahmad Budullah)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.