Merajut Asa Dari Sudut Desa

Pemprov Gorontalo Matangkan Program Pertanian Terintegrasi

0 26
Program Pertanian Terintegrasi
Program Pertanian Terintegrasi ,Foto pemrov Gorontalo

INFODESA.ID – Gorontalo, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengatakan, pemprov mematangkan pelaksanaan program pertanian yang terintegrasi. Menurut dia, pembangunan pertanian dengan konsep tersebut akan mampu melahirkan produksi pertanian yang lebih baik.

Program itu sudah berlangsung sejak tahun 2013, namun ia berharap agar sinergitas program pada tahun 2015 lebih dipertajam lagi antar-SKPD karena penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) untuk APBD 2015 sedang berjalan.

“Sekarang tinggal bergantung dari RKA masing masing SKPD di mana dinas Pertanian menjadi “leading sector”nya. Pada pengembangan kawasan terpadu itu ada juga SKPD lain yang terlibat baik itu dinas Peternakan dan Perkebunan, Dinas Perikanan dan Kelautan bahkan Diskumperindag,” jelasnya.

Pertanian yang terintegrasi diharapkan dapat mempercepat laju pembangunan, terutama menyangkut program unggulan Provinsi Gorontalo yang ke empat yakni peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Pengintegrasian ini tidak hanya untuk memfokuskan program pada kawasan tersebut, tapi program yang diberikan akan lebih mudah dikontrol dan dievaluasi setiap tahun,” tambahnya.

Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo, Budi Sidiki menjelaskan, pihaknya membahas secara mendalam untuk mempertajam program pertanian terintegrasi.

Hal itu dilakukan untuk memastikan semua program lintas sektor terakomodir dalam APBD terkait.

Pihaknya juga berharap program di SKPD tidak hanya berorientasi pada proyek semata, tapi juga memiliki hasil yang bermanfaat bagi produktivitas pertanian dan peternakan.

“Nanti akan dikembangkan sebuah kawasan yang basisnya antara ternak dengan pertanian kering, ternak dengan pertanian basah (sawah), bahkan ternak dengan perikanan atau perkebunan. Hasil dari limbah pertanian dan perkebunan bisa menjadi pakan ternak dan hasil limbah ternak bisa menjadi pupuk organik,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap pemerintah kabupaten dan kota mendukung program itu melalui SKPD masing-masing. [sumber http://www.gorontaloprov.go.id]

Leave A Reply

Your email address will not be published.