Petani Brebes Dapat Bantuan 2 Mesin COMBIE HARVESTER

Bupati Brebes Hj. Idza priyanti, SE menyerahkan 21 unit Combine harvester
Bupati Brebes Hj. Idza priyanti, SE menyerahkan 21 unit Combine harvester
Bupati Brebes Hj. Idza priyanti, SE menyerahkan 21 unit Combine harvester

INFODESA.ID – BREBES – Kurang berminatnya generasi muda kita untuk terjun didunia pertanian mengakibatkan kelangkaan tenaga kerja di bidang tersebut. Dengan demikian sebagai daerah yang memiliki wilayah pertanian cukup luas Beberapa Daerah di Indonesia memerlukan upaya khusus yang harus dilakukan guna mengatasi permasalahan tersebut.

terlebih permasalahan tersebut dianggap dapat menghambat Target pencapaian Swasembada Pangan secara berkelanjutan dalam kurun waktu tiga tahun yang sedang digalakan oleh Pemerintah Pusat. Guna mengatasi berbagai permasalahan substantif yang dihadapi tersebut pemerintah harus lebih cepat tanggap menyusun strategi. Salah satu strategi yang dapat dilaksanakan untuk pencapaian target tersebut adalah percepatan pengolahan tanah, penanaman dan pemanenan serentak melalui pemanfaatan alat dan mesin pertanian yang lebih canggih.

Berbagai program bantuan peralatan mesin pertanian juga telah digelontorkan oleh Pemerintah Pusat kepada Daerah daerah sentra pertanian yang ada di indonesia. Salah satunya adalah kabupaten brebes yang telah menerima bantuan Alsintan yang antara lain 177 unit Traktor Roda dua, 38 unit Pompa Air dan yang terbaru adalah 21 Unit Combine Harvester atau alat pemotong Padi otomatis.

21 unit Combine harvester yang rencananya akan di berikan kepada 21 Gapoktan yang ada di delapan Kecamatan, mulai didistribusikan untuk disosialisasikan dan didemokan.

sosialisasi dan demo penggunaan perdana yang dilakukan di persawahan Desa bulusari Kecamatan Bulakamba Rabu (2/9) pagi tadi dihadiri langsung oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, Dandim 0713 Brebes, Komisi II DPRD, Kepala Dinas Pertanian,serta beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes.

Bupati Brebes Hj. Idza priyanti, SE mengatakan bantuan mesin Combie Harvester yang diberikan Pemerintah Pusat ini merupakan alat pemotong padi yang canggih karena dengan alat ini Petani dapat memotong, merontokan dan memilah gabah dari jeraminya hanya dengan satu tahap, hal tersebut jelas lebih evektif dan evisien serta dapat menghemat waktu dan pengeluaran yang biasa dikeluarkan oleh petani dalam melakukan panen padi.

Oleh karena itu Gapoktan yang menerima Bantuan alat tersebut diharapkan dapat menggunakan dan memanfaatkan alat tersebut semaksimal mungkin, selain itu alat yang ada tersebut agar dapat dijaga dan dirawat dengan baik agar lebih awet.

Selain Bupati Brebes Dandim 0713 Brebes Kol. Inf. Efdal Nazra yang juga hadir dalam acara tersebut mengajak seluruh petani yang ada dikabupaten brebes agar dapat mendukung Program yang dilakukan oleh pemerintah pusat yang dalam hal ini Swasembada Pangan, “jika Produksi Pangan dalam negeri telah tercukupi dan kesejahteraan Masyarakat telah terpenuhi maka dapat dipastikan Keamanan dan ketentaman juga dapat terwujud dengan sendirinya,” demikian dikatakan Pak Efdal .

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Brebes Ir. Budhiarso dwi hartono mengatakan dengan alat ini petani memang benar benar diuntungkan baik waktu dan keuangan karena dengan mesin ini memanen padi satu Hektar dapat dilakukan oleh 3 Orang saja jauh beda jika dilakukan secara manual yang dapat menggunakan tenaga hingga 12 orang, selain itu biyaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan manual mencapai 3 juta rupiah dengan alat ini hanya butuh 1juta 700 ribu rupiah.

Dikatakan juga Mesin yang diproduksi oleh PT. Karya Hidup Sentosa tersebut memiliki multi kegunaan yang membuat praktis dan evisien bagi para petani dalam melakukan panen padi.*(yaser)