Merajut Asa Dari Sudut Desa

Inovasi Desa Yang Berdayaguna

0 420

 

INFODESA-ID,Jakarta, Direktur Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan (PSDAKP) Kementerian Desa Daerah Tertinggal (PDTT) Mulyadin Malik, Menyikapi atas artikel infodesa “Pupuk Organik Pelepah Dan Daun Kelapa Sawit” terbit(25/5/2019).

Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) dimana inovasi ini telah berhasil menghapus angka pengangguran di desa setempat atau diProvinsi Jambi khususnya di Desa Dataran Kempas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kementerian Desa khususnya direktorat PSDAKP,menyikapi hal tersebut, dimana upayah yang telah dilakukan desa Dataran Kempas tentunya harus lebih dikembangkan agar lebih memberikan manfaat yang lebih besar dan ini program kedepan bisa dipadukan dengan “Visi Misi Sawit Sapi” dimana program ini sudah digagas Kementerian Desa bersama lembaga pengkajian pusat bahwa pengembangan populasi dan penggemukan sapi melalui makanan “Pelepah Sapi” bisa diterapkan dan Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan (PSDAKP) fasilitasi untuk mendukung pengembangan program sawit sapi pada umumnya dan khususnya di desa tersebut, ungkap Mulyadin lewat sambungan WhatsApp Minggu (26/5/2019).

Mulyadin menuturkan Potensi Sumber Daya Alam adanya “Perkebunan Kelapa Sawit”  berpotensi menjadi sumber pakan alternatif untuk mengembangkan usaha peternakan. Dan Perkebunan sawit sekaligus bisa dipadukan dengan pengembangan sapi dan bisa mempebanyak populasi sapi. Banyak perkebunan kelapa sawit tersebar di wilayah Indonesia, seperti di daerah Kabupaten Banggai, Morowali Utara, Toli-Toli dan Morowali Provinsi Sulawesi Tengah, harusnya pemda proaktif untuk kembangkan hal tersebut, Ujar Mulyadin.

Untuk diketahui, Pemerintah saat ini menaruh perhatian serius pada pengembangan dan pemanfaatan SDA yaitu dengan “Meningkatkan Pengelolaan dan Nilai Tambah SDA yang Berkelanjutan”.

4 (empat) prioritas program Kemendesa, PDDT yaitu Prukades, BUM Desa/BUM Desa Bersama, Embung Desa, dan Sarana Prasarana Olah Raga Desa, maka Potensi yang ada di masing-masing desa perlu diidentifikasi, dievaluasi, dikembangkan sesuai potensi unggulan sehingga dapat di kembangkan dalam skala ekonomi kawasan

Dan Direktorat Pengembangan SDA Kawasan Perdesaan, sejak Tahun 2015 berinisiatif melakukan fasilitasi dan mengakomodasi untuk  mendorong pengembangan kawasan perdesaan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) dengan memberikan bantuan pengembangan di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan pariwisata. Pungkas Mulyadin (26/5/2019).

Leave A Reply

Your email address will not be published.