Merajut Asa Dari Sudut Desa

Sentra Jagung Kabupaten Tojo Una-Una

0 110
Lokasi Kebun Jagung
Lokasi Kebun Jagung

INFODESA.ID-TOJO UNA-UNA-Hasil produksi jagung terbesar di Provinsi Sulawesi Tengah terdapat di di Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una Una, dengan jumlah produksi mencapai 61.674,51 ton.

Separuh dari total produksi jagung Kabupaten Tojo Una-Una berasal dari kecamatan Ulubongka. Wajar jika Kecamatan Ulubongka dijuluki sebagai sentra jagung Kabupaten Tojo Una-Una.

Sedangkan daerah dengan produksi jagung terrendah terdapat di Kecamatan Walea Besar sebesar 6,01 ton (5.2 %).

Pantauan tim INFODESA.ID di Desa Bongka Makmur dan Desa Borneang, nampak lahan terbentang luas.

Pemandangan ini sangat indah. Namun disayangkan potensi lahan ini tidak terkelola dengan baik. Karena infrastruktur jalan belum memadai. Untuk menuju ke dua desa ini harus melalui perjuangan berat agar sampai ke tujuan.

Ada dua alternative. Pertama melewati jalan darat kurang lebih 15 Km. Akses jalan tanjakan tidak terlalu terjal. Hambatannya belum ada aliran air saat musim peghujan. Kedua melalui penyebrangan sungai Bongka. “Akses ini menjadi hambatan utama,” ujar Kepala Desa Bongka Makmur Idris M Lahay.

Produksi jagung khusus di Desa Bongka Makmur dan Desa Bongkakoy rata –rata setiap musim panen jagung mampu menghasilkan 35.000–40.000 ton kering dengan kadar 15 % – 16 %. Luas lahan yang ada di dua desa tersebut berkisar 30.000 Hektar.

Lokasi Kebun Jagung
Lokasi Kebun Jagung

Untuk meningkatkan produksi tanaman jagung dan pendapatan masyarakat di desa ini, Kades Bongka Makmur berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih Tojo Una Una Periode 2016 – 2021 Muhammad Lahay SE dan Admin AS Lasimpala SIP dapat segera merealisasikan visi misinya, yaitu membangun infrastruktur jalan.(ahmad/B-5)

Leave A Reply

Your email address will not be published.