Merajut Asa Dari Sudut Desa

Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Di Bangkep

0 78

 

INFODESA.ID|SULAWESI TENGAH|BANGGAI KEPULAUAN – Salakan, Ny.Nancy Dunda Zainal selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah memperkarsai Pembukaan Kebun Percontohan Pemanfaatan lahan pekarangan dengan memanfaatkan lahan tidur di sekitar Perbukitan belakang Rumah Jabatan Bupati dan Rumah Jabatan Ketua DPRD Banggai Kepulauan, Jalan Bukit Trikora Kota Salakan.

Lanjut kata Ny. Nancy saat ditemui media infodesa.id di lokasi kebun, Pemanfaatan lahan pekarangan ini merupakan Program Kementerian Pertanian, Badan Ketahanan Pangan yang ditindak lanjuti oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kab.Bangkep melalui dana APBD Tahun 2018.

Kegiatan ini bekerjasama dengan DKP Tim Penggerak (PKK) Kab.Bangkep. Pungkasnya. (Minggu 11/2-2018).

Di dampingi Ibu Sumiati Manompo, SP. MM plt. Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kab.Bangkep, di lokasi Ketua PKK Kab.Bangkep Ny. Nancy mengatakan kami sangat mendukung kegiatan ini, Melalui Hatinya PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar untuk mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

Sumiati Manompo, SP. MM plt. Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kab.Bangkep

HATINYA PKK merupakan singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama PKK. ”Intinya bagaimana pemanfaatan pekarangan rumah dengan sebaik-baiknya. Tapi yang perlu diperhatikan atau diutamakan adalah tanaman hortikultura seperti yang saat ini proses penanaman,” ujarnya.

Dari lokasi Ibu plt.Kadis Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kab.Bangkep. Ibu Sumiati Manompo, SP. MM mengutarakan lahan percontohan ini mempunyai luas ± 0,75 Ha, dan saat telah di tanami Tomat = 2.000 Pohon, Rica= 2.000 Pohon, Terung = 1.000 Pohon, Semangka = 200 Pohon, Melon =200 Pohon, Jagung Manis 1.000 Pohon dan Kolam ikan. Ungkapnya.

Katanya lagi, Adanya Kebun percontohan ini diharapkan akan menjadikan motivasi untuk Ibu PKK Kecamatan dan Desa guna peningkatan Konsumsi Keluarga, Penampahan Pendapatan Ekonomi Keluarga, Pemanfaatan lahan sempit di pekarangan Rumah. Juga Kebun Percontohan ini akan di jadikan Contoh untuk bisa diterapkan PKK di Kecamatan dan Desa, Ujarnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memperdayakan rumah tangga dan masyarakat dalam penyedian sumber pangan dan gizi melalui Optimalisasi pemanfaat pekarangan dan lahan sekitar tempat tinggal,

Meningkatkan kesadaran, peran, dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

Selain itu, kegiatan juga diharapkan dapat mengatasi gejolak harga pangan khususnya adalah tanaman hortikultura seperti cabai , tomat dan sayur sayuran, dan Tahun 2018 di Kab.Bangkep lakukan di 6 (enam) Desa, Ungkapnya.

Sementara, saat ditemui dikediamannya Bupati Bangkep H.Zainal Mus mengaku sangat mengapresiasi program yang diluncurkan Kementerian Pertanian, Badan Ketahanan Pangan yang ditindak lanjuti oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kab.Bangkep yang berkerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kab. Bangkep. Dia berharap agar segenap komponen pemerintahan dan masyarakat dapat bersinergi mewujudkan ketersediaan pangan yang beragam dan bergizi bagi keluarga. Ujarnya.

*Ahmad Budullah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.