Merajut Asa Dari Sudut Desa

Presiden Jadikan Brebes Program Sinergi Ekonomi Rakyat

0 30
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

INFODESA.ID-BREBES-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan Brebes sebagai kabupaten untuk proyek percontohan dalam menjalankan program sinergi aksi untuk ekonomi rakyat.

Proyek percontohan itu ditandai dengan diluncurkannya Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat oleh Presiden Joko Widodo di Terminal Agrobisnis, Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin (11/4).

“Jika Brebes berhasil, semua hasilnya kelihatan langsung. Semua kabupaten akan kita kerjakan dengan cara yang sama. Ini menjadi contoh untuk di kabupaten lain. Apa yang harus dikerjakan,” ujar Presiden.

Program ini dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan melibatkan berbagai kementerian. Brebes dipilih menjadi proyek percontohan pengentasan rakyat dari kemiskinan karena sejumlah alasan.

Antara lain Brebes merupakan sentra produksi bawang Indonesia. Bawang adalah komoditas yang berkontribusi cukup besar pada inflasi. Tetapi faktanya kesejahteraan petani bawang relatif rendah. Sebab sebagian besar keuntungan dinikmati pedagang perantara.

Melalui peluncuran program ini diharapkan kesejahteraan petani bawang dapat meningkat dan menjadi contoh bagi pelaku usaha di daerah lain. Presiden berjanji akan melakukan pengecekan atas program yang diluncurkan hari ini.

“Saya akan cek terus dengan cara saya, baik dengan intelijen, atau saya datang langsung. Tapi akan saya cek semuanya,” ucap Presiden. Presiden juga menjelaskan bentuk program sinergi yang nantinya akan dikerjakan bersama-sama.[Rill/Pras]

Leave A Reply

Your email address will not be published.