Merajut Asa Dari Sudut Desa

Petani di Desa Weru Menjerit karena Pupuk Langka

0 38

INFODESA.ID- JAWA TENGAH -Sejumlah petani Weru Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah mengeluh terkait kelangkaan pupuk Ponska, kelangkaan pupuk ponska sudah terjadi sejak 2 tahun.

” Petani benar- benar mengeluh terkait pupuk ponska, padahal ini penting bagi petani selain pupuk mess dan urea,” kata Suyatno, Ketua BPD ( Badan Perwakilan Desa) Desa Weru, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharja kepada Infodesa.id Minggu ( 10/12)

Menurutnya kelangkaan pupuk ponska tidak akan terjadi apabila ada pengaturan mekanisme yang baik. Sampai saat ini mekanisme pengaturan pupuk ponska tidak jelas di Desa Weru, terutama Kecamatan Weru tidak jelas.

Kelangkaan pupuk poska ini diungkapkan juga Sunarto, Tokoh masyarakat dan sejumlah petani Wardi, Parji, Wagimen mengatakan di desa Weru para petani kesulitan mencari pupuk poska, padahal ini sangat penting bagi petani.

Mereka mengatakan petani Weru terpaksa membeli pupuk ponska di di luar desa seperti di Posis, Karangdowo, harga yang dibeli berkisar 1 Sak pupuk ponska Rp 120.000.

” Kebutuhan pupuk urea sangat mendesak bagi petani saat ini, bahkan sejumlah petani ada yang mencari ke luar desa,” Kata Sunarto, Tokoh masyarakat Desa Weru.

Sementara itu, terkait dengan keluhan warganya tentang kelangkaan pupuk Ponska Joni Wardoyo tidak mau berkomentar soal kelangkaan pupuk poska.

” Saya lagi rapat,” kata Joni Wardoyo, Kades Desa Weru belum lama ini.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pertanian Sukoharjo Netty Harjianti saat dihubungi via telpon berkali- kali tidak ada tanggapan hanya suara tut, tut tut. ( Zul)

Leave A Reply

Your email address will not be published.