Merajut Asa Dari Sudut Desa

Pemberdayaan Masyarakat Mutlak Diperlukan

0 68

INFODESA.ID|SULAWESI SELATAN|Makassar, Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Ir. Anto Pribadi, MM, M.Si (mewakili kepala balilatfo ), menutup Rapat Kerja Teknis Regional, Bidang Pelatihan Masyarakat Se-Sulawesi Tahun 2018, di Makassar (8/2-2018).

Dalam sambutan Anto Pribadi penyampaiakan antara lain: Agar para Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) untuk melakukan latihan masyarakat dimana mengarah pada pembangunan desa dan fokus pada pembangunan Kawasan perdesaan dan tantangan desa saat ini semakin tinggi terutama menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
Lanjut Kata Anton Pribadi MEA adalah sebuah agenda integrasi ekonomi negara-negara ASEAN yang bertujuan untuk menghilangkan, jika tidak, meminimalisasi hambatan-hambatan di dalam melakukan kegiatan ekonomi lintas kawasan, misalnya dalam perdagangan barang, jasa, dan investasi.

Indonesia harus melihat MEA sebagai peluang yang terbuka untuk memperbaiki kualitas SDM yang ada dengan meningkatkan daya saing, menyediakan pendidikan dan kesehatan yang memadai, untuk itu diperlukan dukungan anggaran kementerian termasuk bantuan-bantuan yang sudah ada agar dimanfaatkan dengan baik. Karena pelatihan memiliki peranan penting, khususnya bagi pelaksana atau pelaku pendampingan dalam hal ini adalah fasilitator dan unsur-unsur organisasinya, maupun objek yang didampingi, dalam hal ini adalah masyarakat selaku penerima manfaat program.

Pemerintah harus mampu mendorong diadakan pelatihan keterampilan karena mayoritas tenaga kerja Indonesia kurang dalam kecerdasan sikap, kemampuan berbahasa Inggris dan pengoperasian komputer.

Pelatihan kedepan kebijakan calon transmigrasi berbasis kawasan dan para pemda mengharapkan agar pelatihan perlu diperbaiki dan walaupun agarannya masih terbatas.(Ahmad Budullah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.