Merajut Asa Dari Sudut Desa

Keberhasilan Petani di Pemalang Sangat Membanggakan

0 35
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman ketika melaksanakan kunjungan kerja di Pemalang
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman ketika melaksanakan kunjungan kerja di Pemalang

INFODESA.ID – Pemalang – Khusus petani Pemalang, pemerintah pusat menyediakan bantuan 150 ribu Ton benih, serta 150 unit pompa air dan traktor. Bahkan pemerintah pusat akan memberikan lebih banyak lagi bantuan apabila hasil panen padi petani Pemalang terus meningkat.

Hal tersebut diugkapkan langsung oleh Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman ketika melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka peningkatan hasil pertanian khususnya padi menuju Indonesia Sebagai Lumbung Beras Dunia di kabupaten Pemalang, Kamis (31/3/2016).

Andi merasa bangga atas keberhasilan yang dicapai petani di kabupaten Pemalang. Menurutnya, hal tersebut sudah sesuai dengan arahan Presiden bahwa pemerintah melakukan akselerasi untuk mencapai swasembada beras.

“Arahan Presiden tidak bisa ditawar lagi. Indonesia harus mencapai swasembada beras dalam waktu secepatnya. Oleh karena itu, pemerintah pusat sudah menyiapkan bantuan untuk para petani,” tegas Andi.

Sementara, Bupati Pemalang H. Junaedi, SH.MM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa swasembada harus diimbangi dengan sawah lestari yang luasnya 23 ribu Hektar dan tetap dipertahankan sebagai penyangga produk pertanian baik regional maupun Nasional.

“Sawah Lestari harus masuk dalam Perda Tata Ruang dan harus dipertahankan. Apalagi bulog siap membeli gabah petani berapapun banyaknya,” kata Bupati.

Bupati juga berharap agar para petani, pemilik sawah jangan mudah diiming-imingi sawahnya agar dialih fungsikan dan dikapling untuk dibuat perumahan.

Dalam kesempatan tersebut, dengan didampingi Bupati Pemalang H. Junaedi, SH.MM. beserta Forpimda, SKPD, kelompok tani Maju II dan elemen lainnya, pak Menteri berkenan mengikuti panen dan serap gabah petani di dusun Siceleng, desa Temuireng, kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang. Tak hanya itu, Menteri Pertanian juga menyediakan tatap muka dan tanya jawab dengan perwakilan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) serta kelompok tani. *HP(benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.