Merajut Asa Dari Sudut Desa

18 Tenda Ramaikan “Malam Molupi” Kelurahan Labiabae di Ampana

0 211
INFODESA.ID-SULTENG-TOJO UNA UNA – Bupati Tojo Una-Una (Touna), Mohammad Lahay bersama masyarakat Kelurahan Labiabae Kec.Ampana Kota merayakan malam ‘Molupi’ Jum’at (21/6/2019).
Kegiatan itu diawali dengan sambutan Panitia Pelaksana, “Kegiatan Malam Molupi” Tingkat Kelurahan Labiabae.
Malam “Molupi” merupakan kegiatan Perayaan Tradisi Masyarakat Baree Taa untuk mengenang sejarah terciptanya sebuah ekpresi masyarakat jaman sekarang dalam mempertahankan wilayah kekuasaan Tojo, yang saat ini dikenal dengan Kabupaten Tojo Una Una.
“Molupi” bahasa Baree Taa, dari Kata “Lupi” melipat daun yang didalamnya terdapat beras, “Lupi” merupakan sebuah artikel yang sangat bersejarah pada jaman nenek moyang masyarakat Tojo, yang saat itu belum mengenal menanak nasi dalam belanga atau dandang, jaman itu mereka menanak nasi dalam bambu yang dilapisi daun pisang mudah, yang dikenal dengan “Cadi”, smokol atau nasi bambu.
“Lupi” juga menanak beras didalam bambu yang di dalamnya terdapat anyaman daun “sero” daun “kelapa muda” yang diberi beras di namakan “ketupat”. Demikian informasi diperoleh dari rekaman siaran langsung di status facebook Moh.Taufik Warga Ampana, Jum’at (21/6/2019).
Dalam “Perayaan Molupi” tingkat kelurahan Labiabae, tenda disiapkan kelurahan ada 18 tenda yang di didirikan di sepanjang jalan Yos Sudarso, masing-masing tenda menyajikan beragam menu, makanan dan minuman.
Tenda ke-dua dari pintu masuk Tenda Cave “AQILA” yang dikoordinir Ibu “Yuliana Ganto”, saat di konfirmasi menyampaikan “Kami menjajikan makanan kampung “Tradisionil” Ubi Rebus, Pisang, Jagung lauknya “Sambal Dabu-Dabu dan “Nike”Goreng. Alhamdulillah karena banyaknya warga masyarakat yang hadir, makanan ditenda kami habis “ungkap Ibu “Yuli”   kepada infodesa.id sesaat usai melayani tamu (21/6/2109).
Juga disampaikan tenda terakhir khusus menunya “BAKSO” Walaupun dalam suasana Hujan ikut menikmati tenda yang ke 18, Tambahnya.
Pelaksanaan “Kegiatan Malam Molupi” tidak terlepas dari peran serta partisipasi masyarakat yang selalu bergotong royong, terlaksananya kegiatan.
“Kegiatan Malam Molupi” Kelurahan Labiabae di hadiri langsung Bupati Tojo Una Una, Kapolres Tojo Una-Una, Seluruh Kepala Desa Kec.Ampana Kota, ASN dilingkup Pemda Tojo Una-Una dan BesertanTokoh Masyarakat dan Masyarakat Tojo Una-Una.
Bupati Mohammad Lahay mengatakan, perayaan ‘Molupi’ ini bukan saja merupakan acara syukuran dan acara keagamaan. Tapi ini juga merupakan ajang silaturahim warga ‘Bareta’ dan juga masyarakat  lainnya yang ada di daerah itu.
“Semua suku, etnis dan keturunan merayakannya, sehingga terjadi pembauran,” kata Bupati.
Menurutnya, perayaan ini dilaksanakan dalam rangka untuk melestarikan kembali budaya adat lokal yang telah dilupakan masyarakat. Hal ini bukan saja tradisi semata, tapi juga menjadi destinasi wisata kuliner dan ajang silaturahim sesama warga setempat dengan warga lainnya.
“Tinggalkan perbedaan pilihan pada Pemilu 17 April 2019. Mari kita bergandengan tangan dan saling memaafkan pada momentum silaturahim malam “Molupi’ ini, untuk bersatu dan membangun daerah yang kita cintai ini,” harapnya.
***Ahmad Budullah

Leave A Reply

Your email address will not be published.