Merajut Asa Dari Sudut Desa

Kesepakatan Keseragaman Pelaksanaan Waktu Sholat dan Imzak di Touna

0 212

INFODESA.ID-TOJO UNA UNA, Ampana, Dalam rangka meningkatkan syiar Islam, Takmir Masjid/pengurus Mesjid Besar At-Taqwa Ampana Kota Kabupaten Tojo Una Una (Touna), mangadakan musyawarah, turut hadir takmir masjid (Imam,Habib H.Abdul Rahman, Burhan Lahay, Mahmud Lahay
Alimudin Mohammad dan pengurus masjid lainnya). Muswarah diadakan masjid Besar At-Taqwa Ba’ada Sholat Duhur, Minggu, 12 Mei 2019.

Hal penting disampaikan kebiasaan panggilan Iqamah, kebiasaan yang harus rubah di Mesjid ini, Mahmud lahay (Mud) menyampaikan dimana Jadwal Imsak dan Buka Puasa untuk Wilayah Ampana Khususnya yang telah di tetapkan pemerintah pusat dan Daerah selama Ramadhan 1440 H harus kita patuhi, Mud menyampaikan hal ini adanya keluhan keluhan masyarakat.

Di utarakannya utama subuh, pengumuman imsyak, kumandang Adzan Subuh, zikir dan Iqomah. Untuk Iqomah harus kita ikut sesuai jadwal umpama waktu subuh 04.35 walaupun zikirnya sudah selesai. Kita qamat diwaktu itu.Tegas Mud (12/5/2019).

Hal senada juga ditambahkan
Burhan Lahay yg juga Asisten II di Pemda Touna keseragaman waktu Jadwal Salat, penting dimana Bacaan Tarhim dilakukan 5 menit sebelum kumandang Azan, ini harus kita sepakati bersama, utama muazin harus patuhi.Tegas Burhan.

Kumandang Azan kasih tanggung jawab wewenang Muazin, Qamat wewenang Imam, ini harus kita perlakukan tambah Habib H.Abdul Rahman.


Beliau juga menyampaikan pentingnya amalan amalan pada bulan suci ramadhan sesuai anjuran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, Seperti 2 Rakaat Sebelum Subuh Lebih Baik Dibandingkan Dunia Seisinya
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Dua raka’at salat Fajr lebih baik dari pada dunia dan seisinya.” [HR. Muslim] dalam riwayat lain dengan lafazh : “Sungguh kedua raka’at tersebut lebih aku cintai daripada dunia semuanya.”

Ditambahkannya pula sholat Fajar yakni sholat Sunnah Rawatib Qabliyah Subuh. Shalat Fajar, merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan baginda Nabi saw yang dilaksanakan pada shubuh saat bangun tidur. Keutamaan dari shalat fajar ini sangatlah besar sehingga Nabi Muhammad saw juga menganjurkan untuk menjalankan shalat fajar dibandingkan dengan shalat sunnah yang lain.

Bacaan zikir Yang di Baca Rutin Usai Kumandang adzan subuh di Masjid Besar At-Taqwa Ampana

“Jadwal Sholat sangat penting untuk jamaah dan masyarakat, agar adanya keseragaman dalam melaksanakan ibadah sholat. Dengan adanya jadwal sholat itu masyarakat akan mengetahui kapan waktu sholat. Sehingga bisa sholat pada waktunya,” diingatkan kembali Kadispora Touna, Alimudin Mohammad, sekaligus menutup musywarah. Minggu,12 Mei 2019.(Ahmad Budullah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.