Merajut Asa Dari Sudut Desa

Pemda Touna, Mendukung 4 Program Prioritas Melalui Pembangunan Desa

0 175

 

 

INFODESA.ID-SULTENG, Tojo Una-Una, sejalan 4 (empat) Prioritas Program Kemendesa, PDTT: “Prukades, BUM Desa/BUM Desa Bersama, Embung Desa, dan Sarana Prasarana Olah Raga Desa”. Kabupaten Tojo Una-Una, (Touna) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) telah menyiapkan 7 (Tujuh) Desa yang di nilai baik, dan telah menetapkan 1 desa, yang akan di jadikan desa kategori terbaik, Ujar Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Touna, Drs Hasan Lasiata MM kepada kontributor infodesa.id, Pukul 11.00 Witeng, Senin(10/6/2019).

Desa yang terbaik dalam pengelolaan dana desa khususnya dalam penyerapannya juga pertanggungjawaban APBDesa, juga dinilai baik dalam pengelolaan BUMDesa, terangnya.

Adanya potensi Sumber Daya Alam (SDA), Khususnya sektor pertanian, untuk Bonevoto, Kec. Ulubongka, Kab. Tojo Una-Una Sulteng dikenal salah satu desa penghasil Jagung, dan ini jadi potensi utama (Prukades) di desa Bonevoto, Dan adanya perusahaan yang ingin membangun Kemitraan Prukades dan telah MOU dan menyatakan siap bekerjasama BUMDesa, khususnya jaminan harga komonitas Jagung Petani. Ini yang menjadi energi penyemangat dan harapan masyarakat kami Pemerintah terus membantu mediasi, dengan menjadikan desa Bonevoto sebagai Pilot Project Pengembangan Prukades dan BUMDes, ujar Kadis PMD (10/6’2019).

Berikut Kutipan Wawancara, bersama Kadis PMD.Tojo Una-Una:

Adanya potensi dimaksud Pemda juga sudah koordinasi bersama Kementerian Desa PDTT sekaligus bermohon mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat khususnya Embung Desa, kedepan utama saat musim kemarau, masyarakat pun bisa menggunakan embung desa sebagai sumber air, dengan terpenuhinya kebutuhan air otomatis meningkatkan volume hasil pertanian, dan jumlah musim panen pun bisa bertambah menjadi 2-3 kali dari biasanya. Harapnya.

Baca Juga:

Prospek Investasi Industri Pengolahan Jagung di Tojo Una Una

Wisata Tanjung Api Yang Menakjubkan

https://www.infodesa.id/tag/pertemuan-masyarakat-di-padang-ilalang-cikal-bakal-desa-padang-tumbuo/

Disamping itu juga, untuk mendukung pengembangannya adanya potensi unggulan ( Prukades) di desa Bonevoto agar batang, daun milu yang selama ini hanya dibuang dan di bakar, agar bisa di olah menjadi pupuk organik, (Inovasi desa).

Diharapkan, melalui Prukades masyarakat desa dan pemerintah khususnya desa Bonevoto dan desa lain di Tojo Una bisa merasakan banyak manfaat. Misalnya saja dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa, meningkatkan pendapatan asli desa (PADes), Pungkas Kadis(10/6/2019).

@infodesa.id,10/6/2019-Ahmad Budullah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.