Merajut Asa Dari Sudut Desa

Tanjung Api Yang Penuh Misterius dan Unik

0 312

 

Infodesa.id, Ampana, Di Sulawesi Tengah ada Tanjung Api yang unik dan misterius. Kenapa dikatakan demikian? Berikut ulasan Ahmad Budullah Sekretaris DPC Projo Tojo Una Una (Projo Touna). Tentang Keunikan dan Misterius di Tanjung Api:


Pertama, hanya dengan mengeruk pasir atau tanah di Tanjung Api, dengan sendirinya ada api dan menyala, nyala api bisa lebih lama bila kita siapkan dedaunan atau kayu kering.

Kedua: Tanjung Api dianggap unik dan misterius karena hanya menggali menggorek ngorek Pasir atau tanah bisa mengeluarkan sumber api. Dan bila menyiapkan lubang berupa tungku, bisa pakai menanak nasi, air dan lainnya.

Ketiga, yang lebih unik di Tanjung Api di sekitar sumber api, hidup habitat alam, reptil seperti semut, kalajengking, kadal dll, seakan bersahabat dengan Api yang jelas panas? Ini kata Projo Touna yang unik, ada Api semut hidup di sekitar lubang.

Keempat, Hal unik lainnya, pantai pasir putih dan terumbu Karangnya juga terdapat titik gelembung saat pasang, dan bila kita letakan tangan atau kaki di bagian gelembung terasa panas…uniknya terumbuh karang dan habitat air, ikan dan lainnya dengan sangat bersahabat mendekati gelembung. Dan saat surut bila di gali dan di korek korek, bila menggunakan kertas koran bekas sangat cepat keluar nyala apinya.

Kelima, Kata Projo Touna Kita ketahui bersama api padam kena air tawar…ini yang lebih unik, bila kita letakan AQUA Gelas dan di lubangi bagian bawa, terus di tutup sehelai daun, atau robekan doz, Gelas Aqua yang tadi kita letakan akan penuh Kepulan Asap dan bila sudah penuh segera lepas tutup dan pancaran api akan keluar, selanjutnya segera ambil Air Agua, Atau air laut disiramkan ke kepulan Asap Air semburan diikuti nyala Api…bagaikan api biasa kena ceceran bensin, dan bila disiapkan kertas kering yang muda nyala otomatis apinya terus akan nyala di kertas yang kita letakan. Ungkap Ahmad.

Keenam, Tanjung Api pada malam hari terlihat indah pada malam hari, garis dengan cahaya bagai kebakaran dedauanan terlihat jelas cahaya bara menyala, uniknya saat di dekatin klo pada malam hari cahaya bara api yang terlihat sebelumnya dari kejauhan semakin dekat semakin redup dan hilang, kecuali kembali kita gali baru kembali muncul bara apinya….silakan bila berkunjung malam untuk meyakinkan ajak Projo Touna.

Ketujuh Hal unik dan misterius lainnya, di Tanjung Api hidup Satwa yang di lindungi hewan Rusa dan Anoa, membuktikan adanya hewan langka tersebut, siapkan makanan kesukaan binatang tersebut pada malam hari seperti Rumput atau wortel atau sawi…dekat pantai atau bekas bakar bakar sekitar lubang api, selanjutnya kita bisa menunggu sambil menikmati dengan memancing jarak 100-150 Meter dari garis pantai, Sekitar Puku 20.00 malam…Hewan tersebut terutama rusa akan kedengaran jelas berebutan memakan makanan yang kita siapkan tadi, kembali ungkap Ahmad untuk mengajak pembaca bisa berkunjung ke Tg.Api yang misterius.

Tanjung Api memang gunung berapi yang aktif namun tidak erupsi seperti dan sebesar gunung api pada umumnya.

Tanjung api berada di sekitar Kota Ampana, Ampana salah satu kota yang terletak di Sulawesi Tengah. Kota ini bisa dijangkau melalui Palu, lalu disambung perjalanan darat kurang lebih 8 jam. Atau melalui Luwuk dan sambung perjalanan darat kurang lebih 4 jam.

Sudah ada bandara memang, tapi informasi terakhir setelah kunjungan kami, bandara sedang off-duty dulu karena satu dan lain hal. Terakhir, bisa melalui Gorontalo lalu menuju Wakai lanjut ke Ampana. Wakai itu pulau di Kepulauan Togean dan bisa diakses menggunakan Kapal Ferry selama 12 jam.

Ampana kota kecil. Bisa dikelilingi dalam waktu singkat menggunakan ojek motor atau Bentor. Ampana sebenarnya pintu masuk menuju surga kecil bernama Togean. Belum setenar Wakatobi atau Bunaken yang sama-sama di Sulawesi memang.

Di Ampana terdapat beberapa Hotel, penginapan dan cottages yang letaknya sangat strategis dan indah karena tepat berada di depan pantai. Aktivitas yang bisa dilakukan selama di Ampana adalah dengan pantai kerikil memanjang sepanjang jalan Yos Sudaro, Kelurahan Labiabae dari Jembatan Halai sampai Perumahan DPRD Tojo Una Una, sepanjang Pantai bisa melakukan snorkeling, berjemur, terapi dan mencicipi kuliner lokal di sepanjang Jalan tersebut ada “Kave Aqila” yang menyediakan sajian seafood segar nan murah. Juga tersedia Kolam Renang dengan Waterbum, Hotel ANANDA sangat cocok untuk keluarga, usai mandi di laut bisa langsung jebur ke Kolam, Banyak Tempat Wisata yang direkomendasikan oleh warga lokal di Kota Ampana diantaranya Pantai Tanjung Api, Permandian Malotong, dan memancing yang perahunya sudah disiapkan depan Kave Aqilah.

Sumber: DPC Projo Tojo Una-Una

Leave A Reply

Your email address will not be published.