Merajut Asa Dari Sudut Desa

Banjir Bandang Terjang Desa Bangga Kabupaten Sigi, Rumah Warga Dusun II Habis Tertimpun Lumpur

0 213

INFODESA.ID-SIGI, Belum usai penderitaan warga masyarakat Kota Palu dan sekitarnya usai gempa, tsunami dan likufaksi melanda Palu dan daerah sekitarnya di Sulawesi Tengah pada 28 September lalu, kini Masyarakat Kota Palu dan Sekitarnya kembali dilanda musibah banjir bandang akibat tingginya intensitas curah hujan Minggu malam (28/4/2019) sekitar Pukul: 21:00 WITA, yang mengakibatkan Sungai Ore Desa Bangga Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi meluap, Akibatnya, rumah warga di dusun II Desa Bangga seluruhnya tertimbun lumpur, dan bahkan ada rumah hanyut terbawa arus air dan lumpur, sama seperti kejadian saat likufaksi desa Jonooge, Ungkap warga yang bernama Tian relawan Projo Sigi, yang saat ini berada di titik lokasi guna membantu mengevakuasi warga di desa Bangga, Senin (29/4/2019).

Tian mengutarakan selain desa Bangga, ada desa Balongga Kecamatan Dolo Selatan ada dua desa di dua Kecamatan yang berbeda juga di landa banjir bandang semalam, yaitu Desa Tuva Kecamatan Gumbasa, dan Desa Salua Kecamatan Kulawi. Yang saat ini masih di desa Bangga, Akibat banjir bandang ini aktivitas warga setempat saat ini lumpuh karena akses Jalan Poros Palu-Kulawi Putus, Ujarnya.

Saat ini di TKP desa Bangga, masih ada mobil Pick Up warnah biru mengangkut beras berasal dari Parigi belum terevakuasi, muatannya semua hanyut dan mobilnya rusak para, Alhamdulillah Sopir dan Keneknya selamat, ujarnya.

Ujar Tian pula di wilayah ini, khususnya desa Bangga dan sekitarnya, sudah menjadi langganan banjir hampir setiap tahun terjadi sehingga banyak warga yang sudah menetap di pengungsian dan meninggalkan rumahnya, dan banjir begini pernah terjadi sekitar Bulan Novemver tahun 2018, saat itu ada ribuan jiwa yang mengungsi, dan ratusan rumah hanyut, dan tertimbun, Jarak Desa Bangga dari Kota Palu Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah ±45 Km. Pungkas Tian.(MadBudullah).

Leave A Reply

Your email address will not be published.