Merajut Asa Dari Sudut Desa

Pertemuan Multi Pihak Dalam Mencegah Stunting Di Gumbasa Sigi

0 46

 

INFODESA.ID – SIGI, Giat pertemuan multi pihak dalam pengurangan resiko bencana menuju desa sehat dan tangguh bencana, di buka oleh Camat Gumbasa dengan pemateri Kadis PMD Sigi, DINKES Sigi dan BPBD Sigi. Gumbasa, (Rabu 09/9/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sigi, Anwar, mengharapkan desa agar mendorong peningkatan kapasitas Kelompok Siaga Bencana dan Program Desa sehat dalam mencegah stunting melalui APB Desa.

Anwar menyampaikan dalam paparannya, Masalah stunting tidak boleh dianggap remeh oleh semua pihak, dikarenakan masalah ini dapat berakibat pada kualitas dari anak-anak penerus bangsa. Akibat yang ditimbulkan dari masalah stunting antara lain meliputi fisik anak seperti berat badan dan tinggi badan yang tidak baik.

Selain fisik, perkembangan otak anak juga akan terhambat, serta anak berisiko tinggi mengidap penyakit tidak menular seperti diabetes, obesitas, stroke dan penyakit jantung saat anak berusia dewasa nanti.

Saat ini pemerintah sedang bekerja keras untuk menangani masalah stunting. Hal ini terbukti dengan gaung “Cegah Stunting”yang belakangan sangat sering terdengar di masyarakat. Untuk mewujudkannya, maka pemerintah telah memulai langkah yang baik melalui penggunaan dana desa untuk penceggahan terhadap stunting, Harap Anwar.

Pencegahan terhadap stunting tertuang dengan jelas dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 Pasal 6 ayat 1 dan 2. Dalam peraturan tersebut dijelaskan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dalam proses pencegahan stunting. Kegiatannya meliputi penyediaan air bersih dan sanitasi, pemberian makanan tambahan dan bergizi untuk balita, pengembangan ketahanan pangan dan lain sebagainya, Jelas Kadis DPMD Anwar.

Dan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan pernyataan komitmen Bupati Sigi Mohamad Irwan, beberapa hari lalu dalam pelaksanaan percepatan pencegahan anak kerdil bersama Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, di Jakarta, ungkap Anwar.

Turut mendampingi hadir dalam Giat pertemuan multi pihak dalam penguangan resiko bencana menuju desa sehat dan tangguh bencana, Camat Gumbasa dgn pemateri Kadis PMD, DINKES dan BPBD Sigi.

Laporan Herry Pampow (09/09/2019)

Leave A Reply

Your email address will not be published.