Merajut Asa Dari Sudut Desa

Usai Pimpin Upacara ,Bupati Sigi Tinjau Sungai Sopu

0 140

INFODESA.ID-SIGI, Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta, usai memimpin Upacara 2 Mei 2019 di Lapangan Sepak Bola Desa Ranteleda, Kecamatan Palolo langsung tinjau Jembatan yang menghubungkan Desa Ranteleda dan Desa Makmur, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), Peninjauan guna melihat langsung kondisi Sungai Sopu pasca banjir bandang yang melanda Wilayah Sigi dan Sekitarnya, Minggu malam(29/4/2019).

Kembali Bupati mengatakan, banjir bandang yang terjadi di wilayah ini, khususnya Kecamatan Dolo Selatan dan Palolo sering terjadi, selain akibat curah hujan tinggi, adanya penebangan pohon liar dari hulu serta sungai dangkal, kondisi itu membuat sungai tidak mampu menampung air dan meluap ke permukiman warga. tegas Bupati.

Bupati Sigi Moh.Irwan Lapatta, Danramil 02/BRM Kapten Inf.Hanafi, Sabrin Kades Makmur

Dalam peninjaun, melihat makin tebalnya sendimentasi di sungai Sopu ini, bupati menyampaikan dalam waktu dekat akan ada normalisasi sungai untuk memulihkan jalan air, agar tidak terjadi luapan, yang menggenangi area persawahan dan Permukiman warga lagi, Bupati juga menyampaikan pentingnya penanaman pohon untuk penghijauan di pinggiran sungai, Nantinya pohon-pohon tersebut dapat menahan erosi, Demikian tegas Bupati, Ujar Kepala Desa Makmur Sabrin yang turut mendampingi Bupati, Kamis(2/5/2019).

Kades Makmur menuturkan, yang ikut dalam rombongan dalam peninjauan Bupati ini, Danramil Palolo, anggota Polsek Palolo camat Palolo, Camat Nokilalaki Kades-Kades dan OPD lainya. Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta, selaku Pemerintah terus akan melakukan pencegahan banjir dengan melakukan normalisasi dan penanaman pohon penghijauan Sungai Sopu, juga Sungai Ore Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan. Tegas Bupati Ujar Sabrin.(MadBudullah).

Leave A Reply

Your email address will not be published.