Merajut Asa Dari Sudut Desa

Bawa Catatan Korban Banjir Ibu Ayu Guru SD I Bangga di Serbu Relawan dan Media

0 143

INFODESA.ID-SIGI, Pasca banjir bandang yang berasal dari luapan air Sungai Ore Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang terjadi sejak Minggu malam dimana Ratusan warga di Dusun II mengungsi karena permukiman mereka tertimbun lumpur disertai potongan kayu, Minggu malam (29/4/2019).

Salah seorang warga Dusun II, Desa Bangga yang menjadi korban, Odi menuturkan, bencana saat ini merupakan peristiwa Ke-dua, sejak 16 November 2019 dan sejak saat itu masyarakat yang tinggal di dusun II Desa Bangga telah berada di tenda tenda pengungsian Vumbulangi, yang disiapkan Pemerintah setempat bersama BPBD Kabupaten Sigi. Dan bulan Januari dan Februari ini warga memilih balik kerumahnya, walaupun rumah yang mereka tempati belum memungkinkan untuk di tinggali, juga masih trauma untuk balik kerumah, kami tidak dibuatkan huntara, dan dalam tenda di pengungsian kami kedinginan utama anak-anak, ungkap Odi, Rabu(1/5/2019).

Catatan pengungsi dari Ayu Guru SD 1 Desa Bangga

Odi menceritakan, saat kejadian saya berada di tenda pengungsian vumbulangi ini, terdengar ada pemberitahuan lewat mesjid dimana disampaikan, ada potongan potongan kayu hanyut, dan masyarakat harus waspada saat masih berusaha menyelamatkan diri, dan sekitar pukul 21.30 WITA. Air bandang telah datang, begitu cepat motor saya sampai tenggelam dalam lumpur ujar Odi dan banyak warga terjebak, warga yang terjebak berusaha naik keluar lewat plafond dan atap rumah bahkan seorang Ibu terjebak 5 Jam bertahan menunggu air bercampur lumpur surut. Ungkap Odi.

Dan untuk bantuan pasca 3 hari ini makanan supermi, air kemasan dan pakaian bantuan dari relawan masih cukup untuk beberapa hari kedepan, yang paling utama air bersih dan penerangan, dan pihak BPBD Kabupaten Sigi telah berupaya mengatasi air bersih ini, namun banyaknya warga dan relawan kebutuhan air ini masih sangat kurang, utama buat mandi dan buang air besar, dan untuk menyangkut jumlah warga korban bencana dusun II desa Bangga di pengungsian Vumbulangi ini, catatan lengkapnya ada sama Ibu Ayu, Ujar Odi.

Rumah Warga yang terkena dampat banjir

Berbicara kepada redaksi infodesa.id Ibu Ayu Guru SD I Bangga di Kem pengungsian Vumbulangi, Rabu(1/5/2019) Ibu yang selalu diserbuh relawan dan awak media ini, mengatakan ada 3 RT Dusun II di desa Bangga Kecamatan Dolo Selatan yang kena bencana banjir dan lumpur yang berada di pengunsian Vumbulangi ini, sambil memperlihatkan catatan lengkapnya, dimana tercatat ±504 Jiwa yang kehilangan tempat tinggal. Jelasnya. *(madbudullah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.