Merajut Asa Dari Sudut Desa

Diperlukan Keterlibatan Masyarakat Secara “Bottom Up” Suksesnya Pembangunan di Pedesaan

0 75

 

INFODESA.ID-SULTENG, Palu. Dalam acara Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Demokratisasi Desa Melalui Pusat Kemasyarakatan Desa di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (SulTeng), yang dilaksanakan oleh Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Desa, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KPDTT)
Hotel Santika Palu, 18/5/2019.

Pantauan infodesa.id, Acara di buka Mulyadin Malik, Direktur Pengembangan SDA Kawasan Perdesaan Kemendesa PDTT, dan sekaligus pembacakan Sambutan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. (DIRJEN PPMD).

Dalam sambutan tertulis Dirjen PPMD yang di sampaikan Mulyadin Malik, dimana sesuai dengan amanat UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa, berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat Desa, yaitu upaya untuk mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, ketrampilan, perilaku, kemampuan dan kesadaran serta pemanfaatan sumberdaya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa.

Dengan demikian, keterlibatan masyarakat Desa secara luas dari bawah atau “bottom up” dalam proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa menjadi sangat penting, oleh sebab itulah diperlukan berbagai cara atau pendekatan agar masyarakat desa menjadi terbiasa untuk terlibat dalam setiap pengambilan keputusan yang menyangkut kehidupannya, dan salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mendorong terbentuknya pusat kemasyarakatan (community center) Desa.

Pusat kemasyarakatan (community center) yang saya maksudkan ialah sebuah sistem yang dibangun dalam rangka proses belajar kolektif masyarakat yang dibentuk dengan tujuan melaksanakan penguatan dan pengembangan kapasitas (pengetahuan, ketrampilan, dan kesadaran/komitmen) masyarakat desa dalam pengelolaan sumberdaya Desa secara berkelanjutan agar bisa memberikan nilai tambah dan manfaat untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Sehingga perlu kita Menyadari akan pentingnya pusat kemasyarakatan (community center) dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa, serta dukungan atau kontribusi dari berbagai pihak dalam mewujudkannya, maka perlu upaya untuk terus melakukan pengembangan dan penguatan pusat kemasyarakatan (community center) Desa yang dilakukan secara simultan dan berkelanjutan oleh aparatur Pemerintahan Kabupaten, Kecamatan, dan Desa serta para tokoh masyarakat dan pendamping Desa.
Partisipasi Masyarakat dalam setiap program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa harus di tekankan bahwa masyarakat tidak hanya sebagai objek pembangunan, namun masyarakat juga harus menjadi subjek pembangunan yang turut serta memperjuangkan kesejahteraan bagi mereka dan dalam rangka tujuan yang lebih besar mencapai pembanguan nasional yang mensejahterakan. Urai Mulyadin Malik.

Dan bagi peserta yang mengikuti FGB pengembangan Demokratisasai Desa melalui Pusat Kemasyarakatan Desa ini menjadi tombak ujung nantinya di lapangan dalam pengembangan pusat kemasyarakatan Desa (community center) di tempat masing- masing dalam (Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pihak tentang pentingnya pusat kemasyarakatan desa dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa, Meningkatkan peran pusat kemasyarakatan desa dalam peningkatan kapasitas masyarakat dan pusat pengaduan dan Meningkatkan partisipasi Masyarakat dalam pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, Harap Dirjen PPMD.

Selain itu beliau berharap dalam FGD ini kita dapat saling menukar informasi sejauh mana Pengembangan pusat kemasyarakatan di desa khususnya di kabupaten Sigi. Dan sebelum mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan “Bismillahhir-rohmanirahim” acara FGD PENGEMBANGAN DEMOKRATISASI DESA MELALUI PUSAT KEMASYARAKATAN DESA di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah mewakili Dirjen PPMD secara resmi di buka oleh Mulyadin Malik. Sabtu, 18 Mei 2019.

Liputan:
*Ahmad Budullah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.