Merajut Asa Dari Sudut Desa

REKTOR IAIN PALU, Buka “Pembekalan KKN Gelombang Ke-Dua”

1 54

 

INFODESA.ID-SULTENG, Palu- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu- Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali melakukan pembekalan untuk melepas para mahasiswanya untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang Ke-Dua, bertempat di Gedung Aula (IAIN) Palu, Senin (17/6/2019) Acara pembekalan di mulai jam 08.00 dan selanjutnya pelepasan Mahasiswa KKN dilakukan langsung oleh Rektor IAIN Palu Prof.Dr.H.Sagaf Patalongi M.Pd.

Pada Kegiatan pembekalan untuk pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang Ke-Dua dihadiri ±300 orang Mahasiswa/Mahsiswi, bersama Pihak Dosen Fakutas masing masing yaitu “Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), Fakultas Syari’ah”. di selenggarakan oleh pihak Rektor IAIN, Ujar “Fandy Mahasiswa IAIN Palu yang turut serta dalam pembekalan kepada infodesa.id(17/6/2019).

Ditambahkannya dimana Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menekankan kepada peserta kuliah kerja nyata (KKN) untuk membangun dan mengembangkan semangat nilai keagamaan dimasyarakat.dan harus melaksanakan tugas KKN dengan sebaik baiknya agar masyarakat merespon dengan baik dapat menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi, Yaitu “Mengabdi Terhadap Masyarakat”.

Juga Prof Sagaf Pettalongi mengatakan peserta/mahasiswa KKN harus menempatkan Islam pada tempatnya, serta memposisikan Islam sebagai solusi untuk mewujudkan perdamaian didaerah.

“Peserta KKN harus membangun semangat ke-Islaman yang rahmatan lil alaamin, sehingga Islam benar-benar menjadi solusi untuk mewujudkan perdamaian,” kata Prof Sagaf Pettalongi.

Ia menyebut mahasiswa KKN harus mengacu pada prinsip utama, yaitu berasal dari perguruan tinggi keagamaan Islam negeri. Karena itu, nuansa pembinaan religius, emosional dan sosial lebih dimaksimalkan ditengah masyarakat. Hal itu tanpa menyepelekan kegiatan-kegiatan fisik administratif untuk menopang pemerintahan tingkat kecamatan dan desa, selama berada di lokasi KKN.

“KKN merupakan wujud pengabdian perguruan tinggi khususnya mahasiswa kepada masyarakat. Lewat KKN mahasiswa dianggap telah memberi partisipasi pengabdian kepada daerah, bangsa dan negara,” ujarnya.

Acara pembekalan yang selenggarakan oleh pihak Rektor IAIN, direncanakan Insya Allah sampai Jum’at 21 Juni 2019, Pungkas Fandy. (17/6/2019)

**Infodesa.id-17/6/2019
Kontributor Palu (Fandy/AB).

1 Comment
  1. Avatar
    Dany says

    Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah yang menitikberatkan kepada penerapan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah dengan realita di lapangan. 
    “Selamat buat sdrku yg akan melaksanakan KKN”
    Bantulah desa untuk lebih baik, khususnya Administrasi desa yg efisien dan transfaransi, khususnya manfaat dan desa yg diberikan Pemerintah

Leave A Reply

Your email address will not be published.