Merajut Asa Dari Sudut Desa

Akun WhatsApp Pewarta infodesa Dibajak, Pelaku Kirim Chat Minta Uang

0 317

 

INFODESA.ID-PALU – Seorang Pewarta infodesa.id Ahmad Budullah asal Palu – Sulawesi Tengah menceritakan pengalamannya tentang akun WhatsApp-nya yang dibajak oleh orang lain, bahkan akunnya itu digunakan untuk meminta uang, *8/9-2019

Penggandaan (cloning) akun WhatApp si pelaku login ke aplikasi WhatsApp menggunakan nomor HP miliknya, xxx 4567.

Sehingga si pelaku melakukan aksinya dengan menggunakan no HP saya, hal ini juga sudah di laporkan ke Bareskrim Polda Sulteng, Pukul 16.30, Sabtu,7/9/2019.Ungkapnya.

Pelaku yang menyadap nomor WhatsApp tersebut juga telah berusaha melakukan penipuan. ” Dia menghubungi beberapa kontak teman WA saya dan meminta sejumlah uang. Jadi tolong jika mendapat pesan meminta uang dari nomor tersebut jangan diladenin,” Pesannya pada status facebook, dan Pesan WA, Sabtu, 7 September 2019,

Menurutnya modus yang dilakukan pelaku adalah dengan meminta no kontak WhatsApp-nya via pesan messengger facebook, Pukul 14.14 (7/9/2019).

Pelaku seolah olah akrab di akun media sosial Facebook. Setiap saat tanya gimana kabar, lagi sedang apa bang? “Lalu Pelaku meminta no kontak WA via direct message atau inbox,” lanjutnya.

Dengan tidak curiga kemudian memberikan nomor WhatsApp. Setelah mendapat nomor WhatsApp korbannya, lalu pelaku mengirimkan kode notifikasi ke nomor WhatsApp tersebut.

“Saya minta kepada siapapun agar jangan pernah meng-klik tautan kode notifikasi yang dikirimkan ke nomor WA Anda,” celakanya lagi, tiap nomer yg protes dikeluarkan dari digrop dan di beberapa kontak sahabat di blokir permanen, ungkap Ahmad.

Selain itu ia juga meminta agar jangan mudah memberikan nomor WhatsApp kepada orang lain via media sosial, apalagi pertemanan lewat media sosial, Harapnya.

Menurut Ahmad, begitulah cara atau modus pelaku melakukan kloning akun WhatsApp melalui nomor HP miliknya.

Hingga saat ini menurut Ahmad sudah ada 20 lebih orang teman/keluarga yang mengkonfirmasi mendapat pesan meminta uang dari orang yang mengatasnakan dirinya.

Sang pelaku terdeteksi meminta transfer ke nomor rekening BNI 0774510602. An.YUNINGSIH dan Rekening BRI An.ANDI HILALUDIN

WASPADA jangan mudah beri nomor WA ke orang lain, Si Hackrer penipu meminta nomor melalui INBOX/direct messages (via: Instagram, twutter dan Facebook).

Lalu sejam kemudian, mesin otorisasi WA mengirimiku 6 digit kode notifikasi.
Cilakanya, Tanpa sengaja aku centang kode itu!

Nah, inilah awal musibah digital dan media sosial itu.

SARAN Saya, meski anda mengenal orang itu. Cross-check dan Recheck dulu.
LIHAInya- dia memakai foto profile yang dia COMOT dari akun medsosku.

Dikatakannya lebih lanjut, setelah dapat kode verifikasi, akun korban bisa diambil alih atau dibajak oleh sang hacker

Si hacker menginstall WhatsApp sendiri di HP nya, kemudian memasukkan nomor HP korban dan kode verifikasi hasil menipu tadi, Pungkas Ahmad.
(8/9/2019).

Leave A Reply

Your email address will not be published.