Merajut Asa Dari Sudut Desa

Perayaan Hari Raya Galungan di Pura Puseh Desa Kamiwangi Banggai

0 49

 

INFODESA.ID-SULTENG-BANGGAI, Bhabinkamtibmas melaksanakan sembahyang bersama dalam rangka Hari Raya Galungan di Pura Puseh Desa Kamiwangi Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai-Sulteng, 24/7/2019.

Disela sela persembahyangan Brigadir I Made Suastana BHABINKAMTIBMAS dalam sambutan, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar hati-hati dalam berlalu lintas, mengutamakan keselamatan diri dan orang lain, serta menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan atas nama Kapolres banggai, Kapolsek Toili, Kasubsektor Toili Barat dan Merajut Tema “Semoga Umat Hindu di Nusantara selalu berada didalam lingkaran sinar suci IDE SANG HYANG WIDHI WASE/TUHAN YANG MAHA ESA, hingga terciptanya situasi yang aman dan damai”

Brigadir I Made Suastana Perayaan Hari Raya Galungan menjadi satu dari beragam jenis hari raya yang dirayakan umat Hindu di desa Kami. Dalam perayaan ini, masyarakat Desa Desa Kamiwangi Kecamatan Toili Barat melakukan berbagai aktivitas yang spesial dan mereka lakukan secara khusus.

Perayaan Hari Raya Galungan merupakan sebuah perayaan hari kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan), yaitu kemenangan kebenaran lewat restu dari Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan yang Maha Esa, Terang I Made Suastana.

Arti Perayaan Hari Raya Galungan”Galungan sendiri berasal dari bahasa Jawa Kuno” yang memiliki arti ‘menang’. Dan juga kata Galungan memiliki makna yang serupa dengan Dungulan yang berarti menang. Selain merupakan sebuah perayaan hari kemenangan, perayaan Hari Galungan ini juga memperingati terciptanya alam semesta jagad raya beserta isinya.Tutup Brigadir I Made Suastana, 24/7/2019.(Kontributor infodesa.id – Ahmad Budullah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.