Merajut Asa Dari Sudut Desa

Antisipasi Ombak dan Banjir, BPBD Kab.Banggai “Serahkan Bantuan Karung Pengaman

0 160

 

INFODESA-SULTENG, BANGGAI, Paska Kejadian Ombak Besar yang menerjang Kawasan pantai Desa Dongin, Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), (2/6/2019). Dan Hujan dengan intensitas deras yang merata (Seluruh wilayah) Kota/Kab se-Sulteng. Pemda Banggai menaruh perhatian serius, guna mengantisipasi hal lebih buruk, terjadi.

Brigadir I Made Suastana Selain sebagai Bhabinkamtibmas Desa Dongin dan Desa Pandanwangi, dari Kesatuan Polres Banggai Polsek Toili, juga sebagai ketua Pokja DESTANA (Desa Tangguh Bencana) desa Kamiwangi Kec.Toili Barat, kembali mengutarakan kepada kontributor infodesa.id – Pukul 19.30 WITENG,.Minggu, (9 Juni 2019).

Dan mengatakan, akibat hantaman gelombang keras menyebabkan tanggul pantai patah dan jebol, serta 10 rumah warga di tepi pantai rusak berat terkena hempasan ombak hingga masuk kedalam rumah, sejumlah warga kami evakuasi, dan hingga kini masih ditampung pada sanak saudara, masing-masing.

BACA JUGA :

Hempasan Ombak Warga Desa Dongin Toili Barat di Evakuasi

Untuk di ketahui, berdasarkan Prakirawan Cuaca BMKG, Stasiun Meteorologi Klas II Mutiara Sis Al Jufri Palu, Peringatan Dini: Hampir setiap hari berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai Petir/Kilat dan Angin kencang merata di (Seluruh wilayah) Kota/Kab se-Sulteng.

Made juga memprediksi sesuai pengalaman di tahun2 sebelumnya dalam bulan Juni -Juli ini gelombang tinggi di pantai ini masih akan terjadi, atas kejadian bencana ini, atas upaya gotong royong Masyarakat membuat pengaman dari karung diisi pasir, guna mengantisipasi kerusakan lebih besar. “Akan gelombang pasang, dan Antisipasi Banjir,”* Ungkap Made.

Dan pemerintah daerah lewat BPBD KAB. BANGGAI, telah menyerahkan bantuan karung sejumlah 800 lembar, diserahkan kepada kami KETUA POKJA DESTANA LOMBAJA WANGI, yang mana karung tersebut dipergunakan untuk penanganan tanggap darurat tanggul pantai yang jebol di desa Dongin dan penangannan tanggap darurat untuk tanggul sungai yang jebol guna antisipasi banjir di desa Kamiwangi Kec.Toili Barat Kab.Banggai.

Terima kasih BPBD KAB. BANGGAI atas bantuan karungnya, Semoga bermanfaat dan meringankan dampak bencana di wilayah kami dan Semoga pantai kami diperhatikan,
Salam tangguh… Salam dari kami DESTANA LOMBAJA WANGI, Mengakhirinya.

@infodesa.id,10/6/2019-Ahmad Budullah

Leave A Reply

Your email address will not be published.