Merajut Asa Dari Sudut Desa

Profil Desa Tobil di Kepulauan Togian

0 290

 

INFODESA.ID-SULAWESI TENGAH -Desa Tobil Kacamatan Togian Kabupaten Tojo Una Una Provinsi Sulawesi Tengah, Desa Tobil adalah sebua Desa di Kepulauan Togian, di Kepulauan Togian dikenal dengan taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah.


Kepulauan ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain : menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing ,menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi gunung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi permukiman orang Bajo di Desa Kabalutan.

Pulau Togian terbentuk oleh aktivitas vulkanis, pulau ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau.

Desa Tobil berada di bagian Utara Kecamatan Togean, Kabupaten Tojo Una Una, Provinsi Sulawesi Tengah, Sejarah singkat Desa Tobil dulunya Desa Tobil di ambil dari Bahasa Inggris yaitu Table, akan tetapi mayarakat Tobil pada jaman penjajahan Jepang sangat sulit menyebut table, akhirx lambat laun Desa Table berubah jadi Desa Tobil.

Desa Tobil berdiri sejak 13 April 2013, dengan
Luas wilayah Desa Tobil Kurang lebih 1.800 KM2. Jumlah KK 178 KK, dengan Jumlah Penduduk 683 Jiwa
Dengan batas batas :
▶Sebelah Utara Berbatsan dengan Pulau Una Una
▶Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Katupat
▶ Sebelah Barat berbatsan dengan Desa Wakai
▶ Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sampa Bae.

Demikian keterangan Kades Tobil Talib Abidin, kepada infodesa via pesan singkat WhatApp kepada infodesa.id. (7/12-1017/Talib Abidin/Ahmad Budullah)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.