Merajut Asa Dari Sudut Desa

Desa Wisata Tanggungharjo, Harapan dan Kenyataan

0 113

Budiyanto, Sekdes Tanggungharjo, Grobogan

Infodesa.id, Grobogan – Warga desa terkadang tidak menyadari kalau obyek wisata mampu menggerakkan perekonomian desa dan sumber pendapatan daerah APBD.

” Obyek wisata yang ada di desa Tanggungharjo juga mampu menjadi wisata yang menggairahkan dan mampu menggerakkan di sektor-sektor lainnya,” Kata Budiyanto, Sekdes Tanggungharjo kepada awak media.

Berawal semangat menggairahkan potensi wisata di desa Tanggungharjo, pihaknya merencanakan akan membangun potensi wisata seperti membuat kolom renang Waterboom, membangun sejumlah tempat- tempat sejarah, menghidupkan kesenian rakyat serta memasarkan produk-produk unggulan terutama pertaniannya.

Ia yakin, jika potensi wisata di desa yang memiliki luas 60,628 Km2 itu dikembangkan dengan serius tentunya didorong dana yang cukup bisa membuat desa Tanggungharjo menjelma menjadi magnit bagi wisata.

“Desa wisata ini nanti akan dikelola BUMdes, Badan Usaha Milik Desa bekerjasama dengan Pemkab Grobogan,” tambahnya.

Pengelolaan desa wisata yang dikelola BUMdes sangat berarti bagi sumber-sumber pendapatan desa untuk memajukan desanya yang lebih maju.

” Menariknya lagi apabila harapan desa wisata terealisasi akan menjadi inspirasi desa- desa di Grobogan,” katanya.

Diakui Budiyanto, harapan dan kenyataan terkadang berbeda, anggaran BUMdes saat ini belum mampu menggapai harapan mewujudkan desa wisata. Pasalnya, anggaran BUMdes Tanggungharjo saat ini berkisar Rp 20.000.000.

Meski anggaran terbatas, Pemdes Tanggungharjo akan berupaya mencari berbagai solusi memuwujudkan desa wisata.

” Kita yakin impian desa Tanggungharjo akan terwujud, tentang kapannya belum bisa ditentukan waktunya,” pungkasnya.( Fik/ Zul)

Leave A Reply

Your email address will not be published.