Merajut Asa Dari Sudut Desa

Alhamdulillah, Ponska Turun 3 Ton di Weru

0 17

 

INFODESA.ID,JATENG- Kelangkaan Pupuk Ponska di Desa Weru,Kecamatan Weru,Kabupaten Sukoharjo,Jawa Tengah berdampak puluhan patok sawah tidak mendapatkan pupuk ponska belum lama ini .Seperti diberitakan infodesa.id Minggu (9/12).

Bersyukur Senin (10/12)  petani Desa Weru bisa membeli pupuk Ponska di agen resmi di sekitaran Wilayah Weru. Meski begitu tidak semua petani mendapatkannya.

Agen resmi pupuk ponska, Grojok di sekitaran wilayah Kecamatan  Weru,Sukoharjo, Jawa Tengah  Joko saat dihubungi infosoloraya hari ini  Senin ( 10/12) mengakui pupuk ponska turun  3 ton pupuk ponska di agen resminya. Namun demikian, 3 ton pupuk Ponska dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan petani.

” Kalau 3 ton pupuk ponska yang saat ini turun masih kurang, ya kami mohon maaf kepada petani yang masih belum mendapaykan pupuk ponska. Tapi Alhamdulillah pupuk ponska bisa turun, ” Kata Joko, Agen Resmi, Grojok di sekitaran wilayah Kecamatan Weru yang masih kerabat dengan Kades Desa Weru, Joni Wardono kepada infodesa.id Senin ( 10/12).

Pihaknya mengakui untuk menunggu pupuk  ponska membutuhkan waktu lama berkisar 3 bulanan, ini juga karena birokrasi dan mekanisme perlu proses lama.

” Saya memaklumi mungkin bapak- bapak pejabat yang terkait di Sukoharjo, sibuk ngurus yang lain hingga memakan waktu menunggu lama mas, ” imbuhnya.

Joko mengungkapkan kebutuhan pupuk Ponska di desa Weru ditaksir membutuhkan 60 Ton,  cuma biasanya ia hanya menerima hanya 60 persen saja.Ini bukan kelangkaan tapi mekanisme saja yang memakan waktu.

Dari pantaun Infodesa.id pupuk ponska turun 3 ton langsung amblas dibeli para petani, puluhan petani masih belum mendapatkan pupuk ponska di Desa Weru.

Sementara itu, puluhan petani Desa sampai berita ini ditulis masih ada yang belum mendapatkan pupuk ponska.

” Katanya hari ini pupuk ponska turun mas, tapi saya  belum mendapatkan pupuk ponska sudah habis,” kata Wardi, Petani dari Dukuh Kauman yang masih kerabat keluarga mantan Kades Desa Weru,

Menanggapi turunnya pupuk ponska 3 ton,  Suyatno, Badan Perwakilan Desa ( BPD) Desa Weru menanggapi apreasiasi positif, cuma kebutuhan petani harus dikontrol dengan baik sehingga semua petani Desa Weru mendapatkan jatah semua untuk membeli pupuk ponska.

” Kalau mekanisme baik, pasti tidak ada yang merasa belum mendapatkan jatah pupuk ponska,” katanya.

Suyatno berharap Dinas Pertanian Sukoharjo perlu lebih aktif  lagi melihat langsung kondisi para petani di sekitaran wilayah Kecamatan Weru terutama juga Desa Weru.( Zul)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.