Merajut Asa Dari Sudut Desa

Penerapan e-ticketing Pada Desa Wisata

0 129

 

INFODESA.ID-JAKARTA, Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Samsul Widodo memberikan sambutan sekaligus arahan dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Pariwisata Daerah Tertinggal di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (26/6) malam.

Dalam sambutannya Dirjen PDT mendorong agar pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, para kepala desa hingga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mendukung sekaligus mulai menerapkan sistem elektronik tiket atau e-ticketing di lokasi-lokasi wisata.

Penerapan sistem e-ticketing dilakukan sebagai upaya digitalisasi pariwisata yang dilakukan oleh Ditjen PDT, sebuah model pendekatan pengembangan pariwisata berbasis teknologi.

Inovasi e-ticketing membuat pengelolaan lokasi wisata semakin transparan. Berapa jumlah wisatawan dan pemasukan terdata dengan baik dalam sistem sehingga potensi kebocoran pendapatan asli daerah maupun pendapatan asli desa dapat dicegah.

Selain penerapan e-ticketing, digitalisasi pariwisata juga dilakukan melalui promosi atau pemasaran pariwisata secara digital sebagai solusi pemasaran yang memiliki cakupan secara luas dan dapat menarik sebanyak mungkin wisatawan lokal maupun mancanegara ke destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia, khususnya di daerah tertinggal.

Dirjen PDT juga menyampaikan bahwa penggunaan Dana Desa bisa dialokasikan untuk pengembangan desa wisata. Sudah banyak desa-desa yang sukses mengembangkan desa wisata sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan desa.

Dalam acara tersebut turut hadir selaku narasumber dari Kementerian Pariwisata, Bappenas, GOERS selaku mitra Ditjen PDT dalam mendukung digitalisasi pariwisata di daerah tertinggal, serta para Kepala Dinas Pariwisata Daerah Tertinggal.

EDITING – Ahmad Budullah
📸@chairulirfani
#ditjenpdt #digitalisasiwisata #eticketing #wisatadaerahtertinggal #exploredaerahtertinggal #wonderfulindonesia #membangundaerahtertinggal #nooneleftbehind

Leave A Reply

Your email address will not be published.