Merajut Asa Dari Sudut Desa

Tingkatkan SDM, ALPEKSI Gelar Rapat Konsolidasi Lintas Lembaga

0 19

 

Infodesa.id – Jakarta, Dalam rangka penguatan lembaga penyelenggara kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Asosiasi Lembaga Peningkatan Kapasitas SDM Indonesia (ALPEKSI) mengadakan rapat konsolidasi DPP yang bertempat di Hotel Triniti Jl. Pembangunan III Jakarta, Sabtu (15/02/2020)

Rapat di mulai pada pukul 14:00 WIB yang di buka langsung oleh ketua umum ALPEKSI bapak Ridwan Daali S.E. Dalam rapat konsolidasi tersebut, turut hadir 24 undangan lembaga termasuk perwakilan JPN, LPKNI, dan PPKAPI serta perwakilan Kemendagri Ditjen Bina Pemdes.

Beberapa program di paparkan oleh pengurus ALPEKSI, diantaranya: JAMBORE DESA, PERCEPATAN REGULASI DI DAERAH SOAL PENATAAN KEWENANGAN DESA

“Dengan pembinaan dan bimbingan kapasitas SDM khususnya di desa, maka sangat mungkin harapan kedaulatan pangan dan ketepatan sasaran anggaran bisa tercapai. Juga ini adalah bagian dari upaya mendukung misi Presiden RI untuk mewujudkan Nawa Cita”. Ungkap Julia Putri Noor, Ketua Umum Jendela Pendidikan Nusantara yang juga sebagai bakal calon walikota Makassar saat di temui di ruang loby Hotel Triniti usai rapat konsolidasi.

Khusus Regulasi Penataan Kewenangan merupakan Regulasi yang tertuang dalam Perbub/Perdes Daftar Kewenangan berdasarkan Lokal Skala Desa dan Kewenangan Asal Usul Desa, yang merupakan induk dari segala peraturan desa, sesuai aturan perundangan undangan khususnya pembiayaan, dimana disebutkan dana desa untuk membiayai kewenangan desa, agar roh dari dana desa untuk membangun dari desa sesuai Nawacita bisa tercapai, ungkap Ketum ALPEKSI Ridwan Daali.

Dan dalam pertemua,Seluruh lembaga dan instansi yang hadir, menyatukan misi turut saling bersinergi ke depan untuk bisa menjangkau seluruh daerah guna meningkatkan kapasitas SDM.

Membuka relasi dan jaringan ke seluruh daerah di Indonesia juga menjadi point pembahasan sebab di anggap bahwa untuk memanfaatkan kekayaan alam, suku, budaya, pulau, pariwisata dll hanya bisa di capai jika seluruh elemen saling bahu-membahu membangun ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. *(AB)

Leave A Reply

Your email address will not be published.