Merajut Asa Dari Sudut Desa

Sosialisasi Pengembangan dan Pemanfaatan SDA Perdesaan Kabupaten Buleleng 2019

0 223

 

INFODESA.ID – BULELENG, Rapat Sosialisasi Pengembangan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) Kawasan Perdesaan Kabupaten Buleleng Provinsi Bali Tahun Anggaran 2018, Resmi di buka Drs.Mulyadin Malik M.Si Direktur Pengembangan SDA Kawasan Perdesaan Kemendesa PDTT, Mewakili Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan Kawasan Perdesaan (PKP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT),di Hotel Aneka Lovina Buleleng,Jumat(3/5/2019).

Turut hadir yang hadir:
1.A.A Ngurah ugrasena selaku penglingsir Puri Agung Singaraja Buleleng
2.Bupati buleleng diwakili asisten administrasi pemerintahan Bapak I Putu Karuna, SH
3.kadis PMD Bapak I Made Subur, SH
4.kepala Bappeda Bapak i Nyoman Genep
5.Kedis Perdaganagan diwaki oleh Kabid bapak I Gede Eka Mertayasa, SH.

Dalam Sambutan Ibu Dirjen PKP, yang dibacakan Mulyadin Malik, dimana tujuan kegiatan ini adalah untuk mengkomunikasikan program kegiatan, menyamakan persepsi dan mewujudkan keterpaduan, bagaimana kita secara bersama dengan pemerintah daerah dalam pembangunan kawasan perdesaan, Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sosialisasi sebelumnya yang dilaksanakan Bulan Februari 2019 di Jakarta.

Skenario dalam membangun desa adalah menggali potensi daerah, dan analisa ekonomi. Dengan pengembangan kawasan perdesaan diharapkan mencegah kanibalisme antardesa sehingga perlu adanya kerjasama antardesa melalui pengelolaan BUM Desa Bersama dengan pemberdayaan masyarakat.

Sejalan dengan 4 (empat) prioritas program Kemendesa, PDDT yaitu Prukades, BUM Desa/BUM Desa Bersama, Embung Desa, dan Sarana Prasarana Olah Raga Desa, maka Potensi yang ada di masing-masing desa perlu diidentifikasi, dievaluasi, dikembangkan sesuai potensi unggulan sehingga dapat di kembangkan dalam skala ekonomi kawasan

Kegiatan sosialisasi ini, harus bisa menghasilkan output sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, peran Bapak, Ibu dan Saudara sekalian amatlah penting untuk tercapainya keberhasilan kegiatan.

Dan ibu mengingatkan, Kabupaten Buleleng telah mempersiapkannya dengan menetapkan Kawasan Perdesaan Wisata Budaya (Perbup Tahun 2018) yaitu RPKP Bali Aga Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Periode Tahun 2017-2021 yang disebut Panca Desa Bali Aga yaitu Desa Sidetapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa, dan Banyuseri atau disingkat SCTPB.

Ada 6 (enam) Poin Pesan utama Ibu Harlina Sulityorini Dirjen PKP, ujar Mulyadin Malik, Mengingatkan saat ini: sudah memasuki Bulan Mei 2019, waktu ini sudah akan memasuki setengah perjalanan pelaksanaan TA. 2019, maka saya sangat berharap Kabupaten Buleleng,
1. Dapat segera mempersiapkan secepatnya kelengkapan dokumen sebagai persyaratan dan kewajiban pemerintah daerah untuk dipenuhi (Proposal dan kelengkapannya), Tegas Pesannya.
2. Lokasi yang diusulkan tidak berubah;
3. Status lahan dipastikan tidak bermasalah dengan dibuktikan dengan surat hibah dan surat pernyataan lahan tidak bermasalah;
4. Pemerintah daerah Buleleng terus membangun komunikasi dengan pusat terkait pelaksanaan program kegiatan;
5. Dengan kegiatan ini diharapkan adanya persamaan persepsi, keterpaduan dan komitmen dalam implentasi kegiatan, dan
6. Komitmen pemerintah daerah diharapkan lebih ditingkatkan untuk membangun pusat pertumbuhn ekonomi.

Dengan Tegas Mulyadin, Mengakhirinya dan dengan memohon lindungan Tuhan Yang Maha Esa, “Sosialisasi Pengembangan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan Kabupten Buleleng Tahun 2019”, secara resmi dibuka, Jum’at(3/5/2019). *(MadBudullah).

Leave A Reply

Your email address will not be published.